Thursday, May 26, 2016

Sekilas Tentang Gizi - BMD

Daftar analisis bahan makanan (DABM) adalah suatu daftar sederhana yang terdiri dari angka yang terbatas pada energi dan proximate principles, yaitu air, protein, lemak, karbohidrat dan abu (mineral), beberapa mineral dan vitamin tertentu. Angka - angka pada DABM adalah angka rata - rata dari hasil analisis kimia dari sampel suatu bahan makanan tertentu. Dengan demikian diharapkan akan diperoleh angka - angka yang mencerminkan komposisi umum bahan makanan yang dimaksud.


Berat yang dapat ditimbang (BYDD) adalah bagian dari bahan makanan atau makanan yang masuk ke dalam mulut atau yang dapat dimakan seseorang, dimana bagian yang tidak lazim dimakan akan dibuang atau tidak dimakan. Indikator ini digunakan dalam daftar komposisi zat - zat gizi yang terdapat dalam setiap jenis bahan makanan.

Satuan penukar
Bahan makanan dapat dipilah kedalam tujuh golongan. Bahan makanan pada setiap golongan dengan jumlah yang dinyatakan dalam daftar memiliki nilai kalori, karbohidrat dan protein yang kurang lebih sama. Karena itu, bahan makanan pada golongan yang sama dapat saling dipertukarkan dan disebut 1 Satuan Penukar.
Ukuran Rumah Tangga (URT) adalah ukuran takaran makanan yang biasa digunakan dalam rumah tangga. URT sering digunakan dalam survei konsumsi makanan. Contoh : sendok teh, sendok makan, gelas, botol, biji.

Untuk menilai status gizi seseorang, dapat digunakan 3 indikator yaitu :
1. LLA (Lingkar Lengan Atas)
Alat yang digunakan : Insertion Tape (suatu pita pengukur yang terbuat dari fiberglass atau jenis kertas tertentu berlapis plastik.

Tempat pengukuran : Bagian tengah antara acromion dan olecranon
Syarat :
a. Lengan yang diukur adalah lengan yang tidak aktif
b. Lengan dalam keadaan bergantung bebas, tidak tertutup kain/pakaian
c. Lengan baju dan otot lengan dalam keadaan tidak tegang atau kencang
d. Alat pengukur dalam keadaan baik dalam arti tidak kusut atau sudah dilipat - lipat sehingga permukaannya sudah tidak rata.

Comments


EmoticonEmoticon